ASPEK-ASPEK TEKNOLOGI KOMUNIKASI DATA DAN SUARA DALAM JARINGAN

Perkembangan Teknologi Komunikasi  Seiring perkembangan zaman khususnya dalam dunia teknologi komunikasi terus mengalami perubahan dari masa...

Perkembangan Teknologi Komunikasi 
Seiring perkembangan zaman khususnya dalam dunia teknologi komunikasi terus mengalami perubahan dari masa ke masa, mulai dari zaman pra sejarah sampai di era modern seperti saat ini. Pada zaman modern seperti ini teknologi komunikasi sangat cepat mengalami perkembangan yang semakin canggih, yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi, sehingga membantu manusia dalam mengerjakan segala aspek kehidupan.

Dalam dunia perkembangan teknologi komunikasi sendiri itu tidak lepas dari sejarah yang telah dilalui oleh para ilmuwan dalam mengembangkan teknologi. Pada masa prasejarah (3000 SM) teknologi komunikasi mulai diciptakan. Manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan simbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan teknologi komunikasi. Perkembangan berikutnya yaitu semakin banyaknya  alat-alat yang diciptakan dan menghasilkan bunyi serta isyarat seperti gendang, terompet, isyarat seperti asap sebagai peringatan bahaya. Teknologi komunikasi tersebut semakin berkembang, mulai dari menggunakan burung merpati, telegraf dll.

Aspek-Aspek Teknologi Komunikasi Data dan Suara

1. Sistem Komunikasi Data
Komunikasi data yang melibatkan dua buah simpul (umumnya berupa komputer, tetapi bisa juga berupa peralatan yang lain).

2. Prinsip-prinsip Kerja Komunikasi
Mekanisme komunikasi merupakan proses yang terjadi mulai dari pengiriman pesan sampai umpan balik. Telekomunikasi menyatakan segala bentuk komunikasi jarak jauh yang menggunakan peralatan seperti telepon, tv, radio dll. Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan seseorang dapat mengirimkan informasi ataupun menerima informasi walaupun berada pada jarak yang sangat jauh.

3. Isyarat 
Isyarat Analog
Isyarat analog disebut juga isyarat kontinyu, karena bentuknya berupa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah Karakteristik gelombang. Karakterikstik yang terpenting yang dimiliki oleh Isyarat analog yaitu amplitudo dan frekuensi. Isyarat analog juga bisa dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog.

Isyarat Digital 
Isyarat digital biasa juga disebut dengan isyarat diskret. Isyarat ini tersusun atas dua keadaan yang disebut bit.

4. Prosesor Komunikasi 
Prosesor komunikasi adalah peranti yang bertindak untuk melewatkan data atau informasi ke media transmisi atau menerima informasi dari media transmisi. Contohnya seperti:
a) Modem
Peranti yang memungkinkan data digital dalam pada bagian pengirim dapat dilewatkan ke media transmisi yang bersifat analog dan mengkonversi data analog yang berasal dari media transmisi menjadi data digital kepada si penerima.
b) Front-end processor
Suatu komputer yang ditunjukan secara khusus untuk pengelolaan komunikasi dan dipasangkan ke komputer utama (host) pada sistem mainframe.
c) Multiplexer
Peranti yang memungkinkan sebuah media transmisi dapat dipakai untuk melewatkan data oleh sejumlah sumber secara serentak.
d) Concentrator
Komputer yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan pesan-pesan secara sementara yang berasal dari sejumlah terminal sampai pesan-pesan tersebut siap dikirimkan ke host.

5.Kanal
Kanal menyatakan sebuah lintasan suatu arah untuk mentransmisikan data. Sebagai analogi, kanal dapat dibayangkan sebagai jalur-jalur yang terdapat pada suatu jalan. Media transmisi yang hanya mengenal sebuah kanal dikenal dengan istilah jalur sempit (baseband), sedangkan media transmisi yang terdiri atas beberapa kanal disebuah jalur lebar (broadband).

6. Laju
Laju berkaitan erat dengan kecepatan data.
a) Laju bit, Menyatakan laju bit perdetik
b) Laju baud, Menyatakan kecepatan isyarat baik analog maupun digital yang melalui kanal

7. Pengertian Teknologi Komunikasi Data
Proses pengiriman informasi/data yang telah diubah menjadi suatu kode tertentu dan disepakati melalui sebuah media transmisi dari pengirim (sender) ke penerima (receiver).
Contoh Teknologi Komunikasi Data:
a) Telegraf 
Sistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik dengan menggunakan kabel-kabel tembaga dari jarak jauh.

b) Faksmile 
Peralatan telekomunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan dan gambar melalui kabel telepon, mesin faks menyalin dokumen yang ingin dikirimkan, kemudian mengirim ke nomor faks yang dituju.


c) Pager 
Sebenarnya hanya untuk memanggil saja atau memberikan instruksi satu arah atau tidak interaktif. Informasi yang disampaikan direkam oleh operator dan ditransformasikan  dalam bentuk tulisan kemudian disampaikan kemesin pager.

d) Jaringan Komputer (Email,Website,Media sosial) 
Komunikasi ini menggunakan media internet untuk berkomunikasi.


8. Komunikasi Audio/Suara
Komunikasi yang menggunakan frekuensi radio sebagai media pengiriman data, data yang dikirimkan berupa suara yang kemudian diubah menjadi sinyal radio dan diterima receiver untuk kemudian diubah lagi menjadi suara lewat bantuan speaker.

9. Macam-Macam Audio
a) Audio visual
Perangkat sound system yang dilengkapi dengan penampilan gambar,  biasanya digunakan untuk presentaasi, home theater dll
b) Audio Streaming
Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran melalui internet.
c) Audio Response
Suara yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.
d) Audio Oscillator
Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. 
e) Audio Modem Riser
Sebuah kartu plug-in untuk kotherboard intel yang memuat sirkuit audio atau sirkuit modem.

10. Perangkat Audio
a) Audio CODEC
Melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwith.
b) Audio Controller
Melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikropon. 
c) Mikropon Speaker
Merupakan perangkat input/output dalam sistem audio.

11. Pengertian Teknologi Komunikasi Suara
Informasi yang disampaikan melalui perantara sura untuk didengarkan.
Contoh Teknologi Komunikasi Suara:
a) Komunikasi Siaran radio/radio broadcasting
Informasi yang dipancarkan ke segala arah dan siapapun diperbolehkan menerima informasi tersebut, informasi yang dikirimkan bersifat umum. Contoh: radio


b) Komunikasi radio amatir
Informasi yang dipancarkan ke segala arah tetapi jumlah pengirim dan penerima informasinya terbatas pada mereka yang mempunyai izin beroperasi. Informasi bersifat pribadi. Contoh : ORARI

c) Komunikasi radio 2 arah
Informasi terbatas pada pengirim dan penerima yang beroperasi dengan saluran/frekuensi/gelombang yang sama dan jarak jangkauannya terbatas sehingga sifat pribadinya dapat terjaga. Contoh : Handy-Talky,






















You Might Also Like

0 Post a Comment